Gaji Kurir Ninja Express, Tugas, Sistem Kerja, Syarat Melamar Update 2022

Tahukah kamu, sistem gaji kurir Ninja Express berbeda dengan sistem gaji office staff lho. Gaji dari kurir biasanya tergantung pada berapa banyak paket yang berhasil diantar ke alamat tujuan.

Jadi, masing-masing kurir Ninja Express bisa memperoleh pendapatan yang nggak sama nih setiap bulannya.

Selain tergantung jumlah paket, jumlah gaji biasanya juga tergantung pada wilayah / daerah nih. Seperti yang mungkin sudah kamu tahu, sistem upah minimal (UMR) setiap daerah berbeda-beda kan.

Profesi mengantar paket ini menjadi salah satu yang paling dibutuhkan lho saat ini, dan diprediksi menjadi salah satu pekerjaan yang bersifat long lasting. Hal ini karena pertumbuhan e-commerce yang sangat cepat dan jumlah transaksinya semakin tinggi dari hari ke hari.

Daftar isi:

Tentang Ninja Express

Ninja Xpress adalah perusahaan pengiriman ekspress yang berdiri pada tahun 2014 dengan berbasis teknologi. Perusahaan ini menyediakan layanan pengiriman dokumen dan barang untuk bisnis berbagai ukuran yang mencakup area se-Asia Tenggara lho.

Baca juga: Update Gaji Kerja di Astra International, Ngiler!

Jadi dengan Ninja Xpress, kamu bukan hanya bisa kirim paket ke luar kota atau provinsi, tapi juga bisa ke luar negeri. Hal ini karena Ninja Xpress sebenarnya bukanlah perusahaan asli Indonesia, tapi berbasis di Singapura dan dengan nama aslinya Ninja Van.

Selain di Indonesia dan Singapura, Ninja Van juga memiliki cabang di sejumlah negara lain lho, seperti Vietnam, Thailand, Filipina, dan juga Malaysia. Jika di Indonesia sendiri, perusahaan ini sudah bekerja sama dengan sejumlah e-commerce seperti Lazada, Shopee, dan Tokopedia.

Tugas / Tanggung Jawab Kurir Ninja Express

Inilah berbagai tugas yang perlu dilakukan oleh kurir Ninja Express setiap harinya, baik kurir full time atau pun yang paruh waktu (part time):

  • Mengirim paket ke alamat tujuan / penerima secara tepat waktu sesuai dengan jadwal yang sebelumya sudah ditentukan.
  • Memastikan bahwa setiap paket dalam kondisi yang baik sejak dibawa oleh kurir, selama di perjalanan, dan sampai pada akhirnya berada di tangan penerima.
  • Kondisi baik yang dimaksud di atas adalah segel paket nggak rusak dan kemasannya juga utuh. Sebisa mungkin kemasan paket juga nggak kotor selama di perjalanan.
  • Mengambil barang ke alamat pengirim / penjual barang (yang dikenal dengan layanan pick-up), untuk selanjutnya diantarkan ke gudang terdekat Ninja Express dan disortir oleh tim ekspedisi bagian gudang.
  • Membuat laporan harian dari setiap paket yang sudah diserahkan pada penerima, atau setiap paket yang di pick-up dan sudah dikirim ke gudang.

Mungkin terlihat mudah untuk sebagian orang tapi sebenarnya berbagai tugas di atas membutuhkan ketelitian dan kehati-hatian lho.

Dibalik tugas-tugas di atas ada tanggung jawab besar yang dipikul, belum lagi jika isi paketnya berharga mahal dan terjadi kerusakan paket akibat kesalahan kurir, maka kurir pun bisa terkena denda.

Informasi Gaji Kurir Ninja Express Terbaru

Posisi kurir di Ninja Xpress terbagi menjadi dua nih, yaitu full time dan paruh waktu / part time. Keduanya memiliki jam kerja yang beda tapi untuk sistem gaji tetap sama ya, yaitu diakumulasikan setiap bulan.

Jadi, gaji kurir Ninja Express tetap dihitung per bulan. Adapun rincian gajinya adalah sebagai berikut:

1. Kurir Full Time

Gaji pokokSesuai UMR masing-masing daerah
Bonus per paketRp5.000
Uang kehadiran per hariRp40.000
Tunjangan bensin per hariRp25.000

2. Kurir Part Time

Gaji pokokTidak dapat
Bonus per paketRp2.000 – Rp3.000
Uang kehadiran per hariTidak dapat
Tunjangan bensin per hariRp15.000

Sistem Kerja Kurir Ninja Xpress

Kurir Ninja Xpress (full day atau pun part time) memiliki jatah libur 1 hari dalam seminggu, jadi hari kerjanya ada enam ya. Tapi untuk hari liburnya nggak selalu Sabtu atau Minggu karena sistemnya adalah shift. Jadi, bisa saja satu orang libur di hari Senin, dan kurir lainnya libur di hari Jumat.

Sedangkan untuk jam kerjanya dimulai dari jam 9 pagi sampai 9 malam, baik untuk pengiriman paket ataupun pick-up. Tapi untuk layanan pick-up, biasanya libur pada hari Minggu dan tanggal merah lainnya. Lalu untuk sistem kerja hariannya adalah sebagai berikut:

  • Absensi kehadiran saat pagi hari.
  • Briefing jika ada.
  • Ambil catatan / laporan harian untuk pengiriman di hari tersebut.
  • Ambil paket dan masukkan ke kendaraan dengan susunan yang benar agar paket tetap aman selama di perjalanan.
  • Kirimkan paket ke alamat tujuan masing-masing.
  • Buat laporan dan serahkan laporan ke bagian input data.

Syarat Melamar Kurir Ninja Express

  • Pria, usia maksimal saat melamar 30 tahun.
  • Pendidikan terakhir SMK/SMA/sederajat.
  • Memiliki sepeda motor, SIM C aktif, dan surat-surat kendaraan.
  • Memiliki smartphone dengan RAM minimal 2GB.
  • Bisa mengoperasikan smartphone dan menggunakan maps atau aplikasi lain yang dibutuhkan.
  • Sepeda motor harus sesuai standar alias bukan hasil modifikasi.
  • Paham dengan wilayah operasional.
  • Tepat waktu, disiplin, dan pekerja keras.
  • Bersedia untuk kerja dengan shifting system.
  • Sehat fisik dan rohani.

Berdasarkan rincian di atas tadi, diperkirakan bahwa gaji kurir Ninja Express dalam satu bulan sekitar Rp2.000.000 – Rp3.000.000 untuk kurir yang full day. Sedangkan untuk part time biasanya lebih rendah dari ini.

Tinggalkan komentar